Ayam Bakar Solo

ayam bakar solo (Solo Grilled Chicken

Minggu ini waktunya untuk mencoba menu baru, seperti biasa yang paling disukai semua adalah ayam. Setelah browsing beberapa waktu, pilihan tertuju pada Ayam Bakar Solo. Ciri khas ayam bakar solo adalah rasanya yang manis dan gurih. Dulu sih sering beli waktu masih tinggal di Jakarta. Catet ya kalo di Jakarta beli aja hahaha……tapi karena sekarang kangen ya udah kita bikin sendiri aja yaaaa…..yuk mari mulai masuk dapur lagi.

Seperti biasa aku suka mencoba resep-resep dari blognya mba Diah Didi. Dengan sedikit penyesuaian di lidah keluarga aku. Karena dengan resep yang sama, di tangan yang berbeda rasanya akan tetap sedikit berbeda walaupun tidak bergeser dari pakemnya.

Kali ini karena ngga punya stok air kelapa di rumah jadi aku skipped aja air kelapanya. Dan at the end rasanya masih enak kok, ngga beda jauh dengan aslinya (itu menurut aku dan keluarga loch, lol).

Ok, langsung aja yuk kita eksekusi resepnya. Dan makasih mba DD yang udah sharing-sharing resepnya yang enak-enak. Untuk resep yang satu ini udah pasti akan di ulang-ulang karena enak sih, semua bisa makan, termasuk anakku yang paling kecil.

Ayam Bakar Solo

Source : Diah Didi

Bahan:

  • 1 ekor ayam
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang sereh, memarkan
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 1/2 sendok makan gula merah
  • 4 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok teh kaldu ayam dan garam secukupnya
  • Air kelapa 600 ml (Aku skipped)

 

Bumbu halus:

  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 2 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1/4 sendok teh merica butiran
  • 1/8 sendok teh jintan

 

Cara Membuat:

  1. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang.
  2. Masukkan air, bumbu dan ayam.
  3. Tutup panci dan masak dengan menggunakan api kecil hingga kuah habis dan mengental.
  4. Bakar di atas grilled pan atau menggunakan oven dengan metoda grill.
  5. Sajikan dengan sambal dan lalapan sesuai selera.